Tulisan dan foto di blog ini bebas didownload, namun untuk penggunaan kembali hanya dibebaskan untuk kepentingan non-komersial dengan mencantumkan alamat sumber tulisan/foto. Hormati karya cipta!.

Selasa, 07 Juli 2020

Bukit Pandang Oemasi

Beberapa tanaman perdu mengering berubah menjadi berwarna putih


When traveling for an extended period of time, desirable changes - increased openness to experience, emotional stability, agreeableness, and creativity - emerge. Jaime Kurtz, The Happy Traveler

Bukit Pandang Oemasi, mungkin nama itu cocok aku sematkan  untuk nama tempat ini. Karena memang saat ini di Google Maps belum ada nama untuk tempat ini. Titik pandang ini adalah salah satu titik puncak perbukitan yang lebih dari dari perbukitan yang ada di kawasan ini. Kontur dari tempat ini mengingatkanku pada Ikan Foti yang juga tidak berada jauh dari tempat ini, mungkin saja keduanya berada di jalur yang sama.

Setelah jam setelah melewati pertigaan, ada sebuah jalan kecil berbelok ke sebuah tempat yang lebih tinggi daripada yang lain. Ada jajaran pohon cemara yang beberapa dahannya ditumbuhi tanaman parasit sejenis tanduk rusa. Beberapa batuan besar tampak mencuat ditutupi sekelilingnya oleh rerumputan yang pendek dan tampak rapi. Dari tempat ini, angin terasa sejuk walaupun matahari sedang garang-garangnya bersinar tanpa terhalang awan. Entah karena pengaruh bulan Juni, atau hawa di bukit kecil memang seperti ini. Hawa seperti ini memang racun. Angin yang berdesau seperti nyanyian Nina Bobo paling indah, lalu bisikan-bisikan untuk meletakkan sebentar kepala di rerumputan. Sesapan kopi hitam bahkan tak mampu melawan jika sudah di posisi seperti ini. Namun bunyi angin keras yang menabrak pepohonan cemara membuyarkan kantuk, suara seperti deru mobil truk terdengar keras memantul di bawah bukit. Ah iya, masih musim angin di bulan ini.

Y

ang sedikit mengganggu dari pemandangan di sini adalah batu-batu besar yang ada di tempat ini sudah dicoret-coret dengan cat biru oleh mahluk 'brengsek yang pengen eksis tapi tidak tahu cara yang benar'. Bahkan beberapa pohon cemara juga tidak luput aksi vandalisme mereka. Sekarang aku lagi berpikir cara untuk membuat mereka kapok melakukan vandalisme semacam itu, ada saran?

Karena siang ini adalah hari Sabtu, tidak ada seorangpun yang datang ke tempat ini. Hanya lalu lalang beberapa kendaraan roda dua dan pickup yang mereka sebut 'bis kampung' yang mengangkut penumpang dari desa sebelah ke Baun (ibukota Kecamatan Amarasi Barat). Tapi kedatangan mereka kadang-kadang tidak tidak terdengar, kalah dengan suara deru angin yang mirip suara truk tadi.

Bonusnya pada bulan begini adalah rerumputannya sering kali tidak hanya berwarna hijau tapi mulai kecoklatan (coklat terang agak kekuningan). Beberapa gerumbul tanaman liar juga mulai berubah warna memutih yang menjadikan bukit tampak berbeda.

Ada insiden yang cukup menyedihkan di lokasi ini, aku kehilangan lensa "Fujinon FX 50mm f2.0" yang belum lama aku beli. Ini gara-gara aku salah tidak memberitahu temenku Sani cara membawa tas kamera. Karena tas kameraku berbentuk slingbag, seharusnya cuma ada satu arah untuk membawanya, tapi Sani dengan enteng memutar dari depan ke belakang. Alhasil, resleting kamera jadi menghadap ke belakang. Entah resleting kurang kuat atau memang lupa tidak ditutup tapi itu yang mengbuat lensa terjatuh dan hilang dari tas tanpa kita sadari. Hiks, kalau memang rezeki anak soleh InsyaAllah itu lensa akan kembali lebih banyak.. hahaha...  ngarep. Boleh dong ah, daripada sedih bikin gak asyik.

Pas hari Minggu setelah kita jalan-jalan, aku sempat kembali ke tempat ini bareng istriku dan berharap masih akan menemukan lensa itu walaupun dengan harapan tipis. Apa daya waktu kembali ke sana ternyata tempat ini ramai waktu Minggu menjelang sore. Akhirnya aku tahu kalau tempat ini tidak sesepi yang aku kira. Rupanya banyak orang yang telah menjadikan tempat ini untuk berlibur terutama sih untuk mengambil foto walaupun belum ada nama tempat untuk bukit ini. Akhirnya aku coba mendaftarkan nama tempat ini ke Google Maps dengan nama "Bukit Pandang Oemasi", walaupun sampai dengan saat ini belum disetujui oleh Google.

Perjalanan Pertama Selama "Pandemi Corona"
Hari-hari ini akan menjadi kenangan yang tidak pernah hilang dari banyak benak orang. Ketika hari-hari tidak sama seperti yang sebelumnya kita alami. Dari yang biasa tiap malam pasti keluar walau cuma satu jam dua jam untuk belanja sekalian dengan cuci mata. Tiba-tiba tiap malam kita cuma bisa di rumah, karena jam malam tiba-tiba diberlakukan. Lampu-lampu kota yang biasanya menyala dimatikan, jam-jam tertentu mobile polisi dengan lampu biru berputar-putar patroli tiap beberapa jam. Beberapa tempat nongkrong di pinggir jalan langsung dibubarkan begitu tampak beberapa orang berkumpul. Tidak boleh, katanya.

Nama 'Corona' begitu menghebohkan dunia, virus yang konon katanya bermula dari sebuah pasar di Wuhan yang menjual daging kelelawar. Banyak kematian yang disebabkan olehnya, suatu saat hari-hari ini akan dikenang orang karena telah mengubah banyak wajah dunia.
Namun setidaknya kita harus bisa berdamai dengannya, begitu pesan pakde Jokowi padaku tempo hari. Tidak buatku sendiri sih, kamu juga.. kamu juga, kamu yang disana juga iya.
Stress juga kan kalau tiap hari terus kuatir memikirkan virus yang namanya sama dengan bentuknya ini. Udah bikin ekonomi jeblok ditambah lagi bahaya stress akut. Cukuplah petugas kesehatan rumah sakit yang kewalahan dipenuhi pasien Corona, jangan rumah sakit jiwa ikut penuh. Iya nggak gaess?? Salah satu obatnya ya jalan-jalan, tapi tetap dengan protokol kesehatan ya.

Catatan Kecil
Sebenarnya bukit pandang ini bukannya tempat tujuan, hanyalah sebuah rest area atau tempat singgah sementara dari kepenatan pantat dalam perjalanan dari Kupang menuju Pantai Nimtuka, yang mungkin akan aku ceritakan lain kali.

Tidak ada google maps sementara ini karena sampai saat ini tidak ada penanda lokasi. Aku sudah coba menambahkan tempat ini sebagai missing place namun sampai dengan saat ini masuk dalam status "review". Baru kali ini aku mendapatkan sebuah review yang cukup lama, rupanya efek corona sampai mempengaruhi di kecepatan google menambahkan lokasi baru.
Jika permintaanku menambah tempat ini sudah disetujui google maps akan langsung aku update lokasinya disini.
*update: Yeay... akhirnya google menyetujui penambahan lokasi ini.

4 komentar:

  1. Suasananya syahdu sekali mas... ditambah nasi pecel sama teh anget cocok banget kalau bersantai di bukit pandang oemasi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaa.. mantep banget tuh kalo ada pecel sama teh anget...

      Hapus
  2. sukanya main ke tempat2 yg tak dikunjungi orang nih mas, sampai ngasih nama sendiri haha..

    waduh sayang bgt lensa fujinon ilang, sakit namun tak berdarah T_T..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mumpung masih banyak tempat tak bernama Bar.. :D

      Udah jangan diingetin lagi sama lensanya T_T ...

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar anda disini. Untuk sementara komentar saya moderasi dulu karena banyak spam yang masuk. Terima kasih sudah berkunjung, salam MLAKU!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tulisan Lainnya