Tulisan dan foto di blog ini bebas didownload, namun untuk penggunaan kembali hanya dibebaskan untuk kepentingan non-komersial dengan mencantumkan alamat sumber tulisan/foto. Hormati karya cipta!.

Senin, 16 Oktober 2017

Laguna di Bumi Kie Raha Ternate

Laguna di Bumi Kie Raha Ternate
Rimbun pepohonan mengelilingi pinggiran danau. Hijaunya sungguh menyegarkan mata yang melihat. Hawa sejuk diselingi angin semilir membuat suasana teduh. Kicau burung-burung kadang terdengar bagai nyanyian semesta yang menentramkan.


Danau Ngade atau sering disebut Danau Laguna Ngade. Laguna dalam Kamus Bahasa Indonesia berarti  danau air asin dekat pantai yang dahulu merupakan bagian laut yang dangkal, karena peristiwa geografi terpisah dari laut. Meski dekat dengan laut, air danau tetap tawar rasanya. 


Danau ini terletak di Desa Ngade, Kelurahan Fitu, Kota ternate, Maluku Utara.  Berjarak 40 kilometer dari Bandar Udara Sultan Babullah, atau 18 kilometer dari pusat Kota Ternate.

Danau Ngade adalah anugerah dari Tuhan yang tak ternilai. Masyarakat menjadikan danau untuk budidaya ikan air tawar seperti Nila dan Gurame. Hasil budidaya ikan air tawar bisa kita nikmati pada restoran/warung yang terapung di atas danau. Selain itu danau juga menjadi sumber air utama untuk mengairi perkebunan milik masyarakat sekitar.

Laguna di Bumi Kie Raha Ternate
Aku bergegas mendaki menuju titik pandang tertinggi. Penduduk sekitar telah menyediakan tempat di atas ketinggian agar kita lebih leluasa melihat keindahan danau. Bunyi suara gesekan ban mobil/bus dengan aspal jalan di kejauhan, saat pengunjung ingin parkir kendaraan. Letak tanah yang miring dan curam membutuhkan ketrampilan ekstra berkendara. Disini kita dipungut biaya masuk dan parkir kendaraan.

So, here I'am. Standing on the best photo spot. Tempat ini sering menjadi incaran para Fotografer. Biasanya mereka mengambil angle foto dari atas untuk foto aerial. Hutan pepohonan, Danau Laguna, Pulau Maitara, dan gugusan pegunungan Pulau Tidore tampak menakjubkan dari sini. Biasanya air danau berwarna hijau, tetapi karena semalam hujan air danau berubah menjadi berwarna kecoklatan.

Laguna di Bumi Kie Raha Ternate
Saat lelah kita bisa minum air kelapa muda yang banyak dijual di tempat ini. Sambil duduk santai menghalau haus yang datang. Sungguh menyegarkan di kala panas terik.

Merepih alam. Melepas pandangan pada bentangan alam di ketinggian. Bak seorang penyair mencari inspirasi untuk menyusun dan merangkai kata demi kata. Aahh, Danau Ngade keindahanmu tak mampu membuatku berucap.

Lokasi Danau Ngade:
Foto dan Tulisan : Arum Mangkudisastro

14 komentar:

  1. Ternate!!!

    Alamnya emang juara banget yah. Kulinernya belum pernah coba sih. Kayaknya sedap juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bang Rico..mantap kali..thanks uda singgah

      Hapus
  2. suka banget jalan - jalan yang alamnya masih asri dan segar. Semoga sewaktu - waktu bisa kesana juga. Btw saya juga ada dokumentasi jalan - jalan objek wisata alam dan pulau gan. Bisa lihat > disini <

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups Bro Yan..semoga bisa sampai ternate someday..thanks uda mampir blog kami..siap nanti saya cek dokumentasinya

      Hapus
  3. kirain airnya asin
    ternyata tawar yaaa

    BalasHapus
  4. Lokasinya "terpencil" tapi menyajikan keindahan alam yang luar biasa.. aaaaa mau ke ternate..

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups bro bara 😀 aaa ikut ke ternate lagi 😀

      Hapus
  5. Beuh, pemandangannya bagus banget, Teh,, apalagi disaat pagi cerah pasti lebih bagus buat foto..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bro andi...klo pagi lebih ok lagi..cuaca ga bisa diprediksi

      Hapus
  6. Ntah kenapa di telinga saya, istilah 'laguna' memberikan aura yang mistis, asri, sejuk, hutan, gemericik air, desiran angin, daun jatuh, dan.....peri....hehehe, semacam dryad.

    Menyenangkan sekali sepertinya me time di sini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe iya bunga...seperti sesuatu yang tersembunyi..misterius..hihihi

      Hapus
  7. tempatnya indah sangat instagramable pasti seru kalau liburan disana

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar anda disini. Untuk sementara komentar saya moderasi dulu karena banyak spam yang masuk. Terima kasih sudah berkunjung, salam MLAKU!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tulisan Lainnya