Tulisan dan foto di blog ini boleh didownload digunakan dalam materi situs non-komersil dengan mencantumkan sumber asli materi. Mari hormati karya cipta mencantumkan sumber asli materi.

Kamis, 09 Februari 2012

Akhirnya: Foto Kelimutu dari Atas


Akhirnya hari yang tepat datang, suara sang pilot dari ruang kokpit pesawat milik Wings Air memberitahukan bahwa sekarang sedang terbang di atas danau Kelimutu yang bisa dilihat dari sebelah kiri. 
Mata yang lagi sentengah mengantuk langsung byar terbuka terang. Cuma posisi duduk lagi di sebelah kanan bukan posisi yang tepat untuk mengambil gambar. Padahal cuaca sedang bagus-bagusnya, danau kelimutu yang sedang berwarna hijau dan biru tosca mengintip dari jendela kiri. 
Waktu menengok ke deretan kursi belakang ternyata posisi sebelah kiri sedang kosong, langsung dengan secepat kilat aku langsung berlari ke kursi kedua dari belakang. Pesawat yang terbang memutar dua kali memberikan kesempatan aku dan beberapa penumpang mengabadikan danau. Pagi tadi sebenarnya langit tidak sedang benar-benarcerah, awan tipis kelabu masih menyelimuti langit yang seharusnya biru tapi matahari masih bisa bersinar dari dari balik awan tipis itu.
Setelah beberapa kali aku kembali ke tempat dudukku, karena aku merasakan perasaan tidak enak di lambung. Maklum penerbangan pagi memang sering bikin insiden seperti ini, ditambah harus merasakan pesawat melakukan manuver putaran seperti ini.
Tiba-tiba setelah sesaat pesawat menjauh pesawat berbalik dan kembali memutari danau kelimutu namun kali gantian dari sisi kanan pesawat tetap di posisi tempat dudukku sekarang.
Kali ini posisi terbangnya lebih rendah dari posisi terbang putar sebelumnya. Kali ini kameraku bisa menjangkau lebih terang danau Kelimutu. Namun aku hanya bisa memotret beberapa kali karena lambung makin terasa tidak enak ditambah kepala yang tiba-tiba terasa menegang. Hah, aku hampir mendekati mabuk. Terpaksa aku memejamkan mata membiarkan pilot menyelesaikan putaran terakhir.
Aku bahkan tidak berani mengintip beberapa lama untuk memastikan telah sampai di daerah mana selama beberapa menit. Hanya aku sempat mengintip sebentar melihat pesawat sedang melintasi daratan flores dari sebelah utara.
Setelah kepala dan lambungku mau sedikit berkompromi barulah aku bisa melihat hasil fotoku, ternyata semua foto yang kuambil dari jendela sebelah kiri tidak ada yang tajam. Aku rupanya lupa membersihkan jendela yang mungkin kotor oleh tangan penumpang sebelumnya.
Untungnya aku masih mendapatkan gambar-gambar yang cukup bagus yang aku ambil dari sisi kanan karena jendela sudah aku bersihkan semenjak berangkat dari Kupang. sayangnya di foto sebelah sini, tempat dudukku persih di deret yang dekat dengan bagian belakang pesawat sehingga semua foto-fotoku pasti meninggalkan jejak sayap pesawat. Wah harus di crop lagi deh :D
Sebenarnya ini kali ketiga aku dapet kesempatan melihat danau Kelimutu dari atas, cuma kesempatan sebelumnya aku cuma melihat tidak mengambil gambar. Yang aku ingat, waktu kedua kali, waktu itu sudah sore dan suasana sudah agak gelap dan ada seorang perempuan muda Jepang yang ada di pesawat yang saat itu berada di sisi yang tidak bisa melihat danau. Karena mungkin ini kesempatan langka baginya, maka aku memberikan kursiku sementara supaya dia bisa mengabadikan danau Kelimutu. Biar foto itu menjadi kenangan mengesankan tentang alam Flores. Aku masih ingat habis itu beberapa kali dia menngangguk sambil ngomong apa aku gak paham dengan senyum lebar, matanya yang sipit jadi tambah sipit hahahaha.

19 komentar:

  1. ah.. lambungnya bermasalah, bawa coklat Mas, buat disesap, lumayan untuk mengurangi asam lambung :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha gak sempet mbak, pagi-pagi banget sudah harus check-in jadi lebih sering jalan perut kosong. Tapi lain kali bisa juga persiapkan itu... thanks :D

      Hapus
  2. Indah sekali fotonya mas :)
    Pilot nya baik ya mau mengelilingi Kelimutu untuk berkali-kali. hehe

    salam kenal mas,

    yudi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih udah mampir mas Yudi.... tulisan2 dan foto2 nya mas Yudi juga luar biasa... pantas sering memenangkan lomba.. salut buat perjalanan-perjalanannya

      Hapus
    2. wah para suhu sedang berkomen-komenan...

      Hapus
  3. Balasan
    1. Makasih mas Tekno... selamat bertraveling di tanah NTT

      Hapus
  4. keren dah ini photonya, mas Bek...kapan2x daku ijin translate ya plus ku-link ke sini. tp andai daku publish diblogku di WP, mending photonya mas Bek kasih watermark dulu ya :lol:

    BalasHapus
  5. Monggo mbak inge... gak usah pake watermark gak papa daripada bikin sepet yang lihat hahahaha

    BalasHapus
  6. Nah, bang Teknobolang pasti nggak ingat :D Pagi itu ketika ada pesawat mutar 2 kali di atas Kelimutu, bang Tekno dan Bastian kan lagi di puncak Kelimutu sedangkan saya, kak Iros Tani dan FAuwzya sedang merangkak dari bawah menuju puncak... kita sempat dadah2an sama pesawatnya *katrok* hahahahahaha.... ternyataaaaaaaaaaaaaaaa... :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan2 kalo aku pake lensa zoom bisa liat Tuteh lagi dada-dada tuh hahahahhhaahaha.....

      Hapus
  7. Beuh,,mantep bener... ini penerbangan dr mana ke mana y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dari Kupang-Ende atau Kupang-Labuan Bajo coba naik Wing Air, kalau cuaca cerah dan pilotnya lagi baik nanti di ajak muterin danau kelimutu

      Hapus
  8. Wow...indahnya danau kalimutu..bangga menjadi bagian dari indonesia.
    Ijin..info investasi lahan keluarga di San Diego Hills memorial Park bebas biaya perawatan dan kebersihan selamanya klik San Diego Hills

    BalasHapus
  9. Salam kenal kak? Untuk sebelah kirinya route mana kak? Jkt-Ende atau Ende-Jkt, makasih infonya !

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang kayaknya jarang lagi penerbangan yang mau muterin Kelimutu.. penerbangan yang bisa ngeliat kelimutu itu penerbangan Ende-Maumere itu pun jaraknya terlalu jauh untuk dipotret harus memang diniatkan sama pilotnya

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar anda disini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tulisan Lainnya