Tulisan dan foto di blog ini boleh didownload digunakan dalam materi situs non-komersil dengan mencantumkan sumber asli materi. Mari hormati karya cipta mencantumkan sumber asli materi.

Sabtu, 23 Januari 2010

Sunyaragi - Hiding place

2 Januari 2010

Sunyaragi

Situs Sunyaragi, salah satu obyek wisata budaya yang ada di daerah Cirebon.Letaknya di kelurahan Sunyaragi, Kesambi.Tidak jauh dari jalan raya Brigjend. Dharsono.

Sunyaragi atau Taman Sari Sunyaragi dibangun sekitar abad ke 17. Tepatnya tahun 1703 M oleh Pangeran Kararangen /Pangeran Arya Carbon. Namun sumber lain mengatakan Sunyaragi dibangun tahun 1529 sebagai perluasan Kraton Pakungwati/Kraton Kasepuhan.

Sunyaragi, berasal dari kata "Sunya" yang berarti sunyi dan "Ragi" yang berarti raga.Mensunyikan raga atau mengosongkan raga sebagai aktivitas dalam olah semedi/meditasi untuk mendekatkan diri kepada Tuhan.

Bangunan Sunyaragi didominasi dengan batu kali pada dinding-dindingnya dan batu bata merah untuk gapuranya meniru candi Bentar.Sebagaimana layaknya taman sari, situs tersebut dipenuhi dengan kolam beserta pancurannya dan dihiasi dengan patung-patung dan relief-relief pada dindingnya.Uniknya patung dan relief tersebut disusun dari batu kali yang ditumpuk meniru bentuk garuda dan gajah.


Peninggalan yang dapat kita temui di komplek Taman Sari Sunyaragi:

1. Goa Peteng (Goa Gelap).
2. Goa Pande Kemasan.Tempat pembuatan dan penyimpanan senjata.
3. Goa Pawon.Tempat perbekalan dan makanan para prajurit.
4. Goa Pengawal. Tempat pengawal berjaga.
5. Bangsal Jinem.Tempat Sultan menerima para bawahan untuk bermufakat.
6. Goa Padang Ati (hati terang). Tempat Sultan bersemedi.
7. Mande Beling.Biasa digunakan keluarga Sultan untuk beristirahat. Konon bila kita beristirahat di tempat tersebut akan berbesanan dengan keluarga Sultan.Anda berminat?


Pada komplek Taman Sari Sunyaragi telah dibangun pula tempat pertunjukan/pementasan seni untuk menarik minat wisatawan berkunjung.Sayangnya terkesan tak terurus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda disini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tulisan Lainnya