Tulisan dan foto di blog ini boleh didownload digunakan dalam materi situs non-komersil dengan mencantumkan sumber asli materi. Mari hormati karya cipta mencantumkan sumber asli materi.

Sabtu, 08 Januari 2011

Monumen Jalesveva Jayamahe - new welcome city icon Surabaya

Monumen Jalesveva Jayamahe (MONJAYA).


Monumen ini berada dalam kawasan pangkalan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) di Surabaya.Pangkalan TNI AL ini adalah sebagai Komando Armada RI Kawasan Timur. Monjaya diresmikan pada tanggal 5 Desember 1996 oleh Presiden Soeharto.


Dr. Nyoman Nuarta dkk yang mengarsiteki patung yang tingginya 31 meter dan berdiri diatas bangunan setinggi 29 meter ini.Di dalam bangunan ini terdapat diorama sejarah perjuangan para pejuang bahari TNI AL dari jaman prarevolusi fisik sampai awal tahun 1990.


Patung ini menggambarkan Perwira TNI AL yang berpakaian lengkap menatap ke arah laut (selat Madura) sebagai simbol tongkat estafet dari generasi terdahulu kepada generasi berikutnya.


Selain sebagai monumen, gedung ini juga berfungsi sebagai menara lampu pemandu (mercusuar) dan executive meeting room.


Kehadiran Monjaya sebagai new welcome city icon dapat disejajarkan dengan patung Merlyon di Singapura dan patung Liberty di New York Amerika Serikat.


Foto & Teks oleh: Arum Mangkudisastro.

Baca keseluruhan artikel...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tulisan Lainnya