Tulisan dan foto di blog ini boleh didownload digunakan dalam materi situs non-komersil dengan mencantumkan sumber asli materi. Mari hormati karya cipta mencantumkan sumber asli materi.

Kamis, 18 Agustus 2011

Batu-Batu di Pantai Mbray


View pantai Mbray ke arah Timur berlatar perkampungan Mbray dan gunung Meja
 
Seperti yang aku tuliskan sebelumnya di Berbagi Langit dan Laut: Foto di Antara Ende - Mbay, akhirnya aku punya kesempatan memotret pantai Mbray.
Pantai Mbray ini terletak dipertengahan perlintasan antara Ende - Nangapanda. Kalau kita dari Ende ke pantai Mbray mungkin bisa ditempuh sekitar 15 menit itupun kita tidak perlu melarikan kendaraan terburu-buru.

Jalur sepanjang arah perjalanan ke tempat ini  tergolong tidak lebar dengan beberapa tikungan yang banyak diantaranya sangat tajam. Aku pernah merasakan kendaraan yang kita pakai terserempet kendaraan gara-gara keteledoran sopir yang memaksa masuk melewati kendaraan kita tanpa pertimbangan yang matang.

Ada tanda yang khas yang menunjukkan lokasi perkampungan Mbray, pertama adanya sebuah masjid yang berarsitektur Timur Tengah yang saat ini masih belum selesai dikerjakan. Yang kedua di ujung perkampungan yang berada di ujung perkampungan sisi pantai terdapat dua buah pohon kelapa.

Gambar-gambar ini aku ambil pada waktu perjalanan dari Mbay ke Ende. Waktu itu sekitar  pukul lima lewat sekitar sepuluh menit. Matahari sendiri masih bersinar cukup kuat sehingga untuk menghasilkan gambar ini harus menggunakan sebuah lensa filter penghalang yang cukup gelap.

Ombak juga keras sehingga harus cukup hati-hati, karena beberapa kali tamparan ombak menghantam karang menghasilkan cipratan air yang cukup keras dan tinggi. Tapi itu sepadan dengan view yang kita nikmati. Tonjolan batu-batu karang datar yang ditumbuhi semacam lumut berwana kuning dan sebagian lagi hijau menghasilkan warna yang menarik. Hempasan air yang menghantam batu-batu itu akan mengalir turun kembali membentuk aliran air seperti sebuah air terjun kecil.

Letak batu-batu yang ceper sayang letaknya agak sedikit jauh dari perkampungan Mbray karena di perkampungan Mbray sendiri batu-batu karangnya kurang menarik berwarna hitam. Tapi di bagian batu-batu karang yang ceper ini ada beberapa jenis batu yang berwarna berbeda dan sebagian ditumbuhi lumut. Karakter pasirnya halus dan berwarna hitam pekat.



Batu ceper berlumut hijau


Batu kuning



Pecahan batu-batu
 
Batu berlumut kuning (tumbuhan laut)
Sayangnya keinginanku untuk mengambil gambar lokasi ini waktu subuh belum tercapai, tampaknya harus direncakan lagi untuk bisa mengambil foto di lokasi ini pagi hari.

4 komentar:

  1. Luar biasa..... lukisan alam yang dibuat dengan camera ni om...

    BalasHapus
  2. Makasih pak Noverius..........

    BalasHapus
  3. waduh kasihan banget yah aku neh mas, lama tinggal di ende tapi belum menyempatkan diri menikmati keindahan alam di Mbray neh.. hanya sekedar permisi numpang lewat aja..

    BalasHapus
  4. Yudith: nah tuh kan.. padahal kalau mau bener2 berhenti dan menikmatinya banyak lokasi-lokasi yang menarik lho

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar anda disini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tulisan Lainnya